Kamis, 19 Juli 2012

SIAPAPUN Dapat Ke SURGA - SIAPAPUN?





 Tidak perlu menunggu sampai kematian,
alami Surga ketika anda masih hidup.

Surga di sini dan saat ini,

itulah rasa dari Nibbana di kehidupan ini.
 
SIAPAPUN

Siapa sajakah yang kita maksudkan dengan SIAPAPUN? Bukankah ajaran Buddha mengatakan bahwa umat Buddha saja yang mendapatkan pahala di kehidupan mendatang?
Menurut ajaran Buddha, kemana kita pergi setelah kehidupan ini tidaklah bergantungan pada keyakinan kita. Kenyataannya, tidak ada ketentuan untuk berdoa, memuja atau bahkan percaya pada Buddha untuk memiliki kehidupan yang baik di masa yang akan datang. 

Apa yang terjadi kepada kita setelah kehidupan ini tergantung
bagaimana kita berkelakuan dalam kehidupan sekarang.
Jalan menuju Surga tidaklah dengan keyakinan atau pemujaan,
tetapi dengan berbuat kebajikan dan menghindari kejahatan.

Buddha tidak pernah mengatakan sesuatu seperti ‘pujalah saya dan anda akan mendapatkan pahala’. Beliau juga tidak pernah mengancam untuk mengadili siapapun yang tidak percaya kepadanya atau tidak mengikuti ajarannya.
Beliau berkata bahwa tidak ada salahnya untuk meragui dirinya atau bahkan bertanya padanya, karena kebanyakan orang memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk memahami ajarannya.
Beliau menekankan bahwa setiap orang harus mencari, memahami, dan mengalami kebenaran untuk diri mereka sendiri, dan tidak dengan memiliki kepercayaan buta terhadap siapapun atau apapun.
Oleh sebab itu umat Kristen, Hindu, Muslim, Yahudi, Buddhis, Taois, dan bahkan atheis, semuanya dapat menikmati kehidupan mendatang yang bahagia. Tetapi tentu saja, apabila mereka telah menjadi orang ‘baik’!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar